Dulu saya pertama makan mie khas Aceh ini di Eat n Eat, Surabaya. Mie ini berkuah, walaupun sedikit. Istilah Suroboyo nya nyemek-nyemek. Kuah agak kental, kemerahan. Mie nya gede2 sebangsa Mie Kluntung.
Kesan pertama saya : ENAK.

Mie Aceh di Eat n Eat
Mie Aceh di Eat n Eat

Lalu saya pun lupa kalo pernah makan salah satu kekayaan kuliner Indonesia itu. Sampe akhirnya ada postingan di Facebook grup dimana saya join tentang Mie Aceh. Join grup Kuliner disini

Judulnya Mie Kocok Aceh. Foto yang di share teman saya itu agak beda dengan Mie Aceh yg pernah aku makan sebelumnya. Mienya kaya mie pangsit biasa, ga segede gaban kaya yang dulu, bertabur ayam cincang diatasnya plus bawang goreng. Kuahnya agak banyak dan warnanya coklat bening. Mirip Mie Kocok Bandung yang dulu sempet booming di Surabaya. Nah lohh… Mana nih yang bener??

Mie Kocok Aceh
Photo by : Sam K

Ada beberapa foto yang diupload teman saya. Selain Mie Kocok Aceh, ada Mie Tomat Aceh, Es Kacang Merah dan Kopi Terbalik. Wew, apa lagi itu?? Baca sampe abisss.

Mie Goreng Aceh
Mie Goreng Aceh
Photo by : Sam K
Tahu Taoge
Tahu Taoge
photo by : Sam K
Mie Kocok Udang
Mie Kocok Udang
Photo by : Sam K

Kepengen nyoba jadinya. Apalagi harganya lumayan terjangkau. Sekitar 15- 25 ribuan Rupiah saja.

Keesokan harinya, teman saya itu pergi ke depot yang sama. Dia bilang ada menu baru yang bakal dibikin siang itu dan ga ada di menu. Atas idenya dia kayanya. Entahlah….

Dan begitu menu itu jadi, difoto, dan diupload ke Facebook, gemparlah seisi grup Kuliner. Hahah…. lebayyy
Ini nih hasil jadinya :

Proses Masak Mie Kepiting
Proses Masak Mie Kepiting
Photo by Sam K
Mie Kepiting Jumbo
Mie Kepiting Jumbo
Photo by : Sam K

Mie Kepiting Aceh namanya. Apalagi si teman saya yang sekaligus admin grup Kuliner itu bilang rasanya uenakkk puoolll. Dengan ukuran kepiting segede gitu, harganya pun selangit. Katanya seporsi 100 ribu. Hiii… mahaaallllll. Jadi mikir 2x kan kalo mau makan.

Akhirnya saya dan Pooh pun penasaran sama yang namanya Mie Aceh itu. Hari Minggu siang kita mampir makan siang disono. Saya pesan Mie Tomat Aceh ( recommended banget). Pooh iseng2 nanya soal Mie Kepiting. Eh emang si kepiting rejeki nggak kemana. Om nya punya stok SATU kepiting. Ya, satuuu… Dan Pooh pun kegirangan, lha wong dia doyan banget kepiting. Kasian juga, saya ga doyaaannn blasss. Hihih…. Om nya bilang kalo kepitingnya kecil. Ga segede lapangan terbang foto pertama. Harganya pun bersahabat, 35 ribu rupiah saja. Amannn untuk kantong.

Mie Tomat Aceh
Mie Tomat Aceh, yang recommended bangettt
Mie Kepiting Aceh
Mie Kepiting Aceh harga bersahabat

Ternyata rasanya emang enakkk. Mie Tomat emang recommended banget. Kuah tomat kentalnya jadi ciri khas. Segar. Bisa request pedas ato sedang ato bahkan ga pedas sama sekali. Saya 2x kesana, 2x pula makan Mie Tomat.

Menurut Pooh pun Mie Kepitingnya uenakkkk. Fotopun diupload ke grup lagi. Dan setelah itu Mie Kepiting Aceh jadi makanan wajib di grup Kuliner. Hampir tiap hari ada yang makan disana, share foto. Hihi….

Berhubung Mie Kepiting itu ga ada di menu, kalo mau makan disana, harus dateng siang. Karena kalo sore atau malam pasti sudah habis. Apalagi Om nya hanya stok sedikit.

Menu minumannya pun tak kalah unik. Ada yang namanya Kopi Terbalik. Kopi nya bisa kopi susu ato kopi hitam. Yang khas dari kopi Aceh disini adalah biji kopinya hanya digerus kasar, jadi ga bercampur rata seperti kopi yang sering kita minum. Dan cara meminumnya pun harus ditiup dengan sedotan karena gelasnya ditaruh terbalik diatas piring kecil. Penuh perjuangan. Hahah…

Kopi Susu Terbalik Photo by : Sam K
Kopi Susu Terbalik
Photo by : Sam K

Selain itu ada Es Kacang. Ini juga enakkk banget. Sering kehabisan aku…

Es Kacang
Es Kacang, wajib dicoba

So, yang ingin varian kuliner yang lain, Mie Aceh ato Mie Kepiting ini wajib dicoba. Harganya pun ga terlalu mahal.

Mie Kocok Aceh Rp 15.000
Mie Kepiting 50.000
Mie Tomat Aceh 20.000
Es Kacang 10.000

Kopi Susu Terbalik 8.000

Special thanks to : Samuel Kristanto,  for the pics…..

MIE KOCOK ACEH
Jl. Pucang Jajar 9. Surabaya.
Buka pukul 09.00 – 21.00
(bisa tutup lebih awal sampai mie habis)

