image

Ini salah satu sisi diri saya yang belum banyak yang tahu. Bahkan si Pooh mungkin juga agak kaget kalo saya terlihat girang saat diajak kesini. Meskipun HTM nya 30 ribu / orang, saya rela. Karena Ïиï adalah Otoblitz International Classic Car Show pertama di Surabaya, sedangkan di Jakarta sudah memasuki tahun ke-6. Bisa dibilang sebagai ajang pemanasan. Jadi, kalau selama Ïиï saya hanya bisa lihat di TV, sekarang saya bisa lihat langsung mobil-mobil luar biasa disini. Menurut info yang saya dapat, ada 150 mobil yang dipajang. Dan dari kesemuanya, saya berharap ada mobil favorit saya di dalam, Ford Mustang Eleanor lansiran 1967!
Let’s go in……… 😀

Pertama masuk, saya disuguhi Chevrolet Nova II keluaran 1969 warna kuning lengkap dengan 2 strip hitam di tengahnya, mirip sama si Bumblebee di film Transformer.

Chevy Nova
1969 Chevrolet Nova II

Lanjut ke sebelahnya adalah deretan mobil-mobil tertua di ajang ini. Diantaranya, Buick sedan touring buatan tahun 1919 dan Dodge Brother Limo dari tahun 1938. Busettt, tua amat… 😀

Buick 1919
Buick 1919
1938 Dodge Brother Limo
1938 Dodge Brother Limo

 

Lalu ada deretan classic car dari era sebelum Perang Dunia II (1930-1948), diantaranya DeSoto Club Coupe, Austin Seven Ruby, Hudson Sedan Super Six, Hilman Minx, Dodge Sedan, dan Peugeot 203.

 

1937 Austin Seven Ruby Cabriolet
1937 Austin Seven Ruby Cabriolet

 

Bergeser ke era sesudah PD II, angkatan 1948-1960. Era Ïиï diwakili oleh Oldsmobile, Ford Customline Sedan, Chevrolet Bel Air Delivery Van, Fiat 500 Tompolino, VW Beetle Ovale, Morris Minor, dan Pontiac Laurentian hijau yang masih sangat orisinil.

1955 Oldsmobile
1955 Oldsmobile
1958 Pontiac Laurentian
1958 Pontiac Laurentian
1957 Chevrolet Bel Air - Sedan Delivery
1957 Chevrolet Bel Air – Sedan Delivery

 

Nah, masuk ke era mobil klasik 1960-an, saya mulai deg-degan. Kenapa? Karena saya sangat berharap ada Mrs. Eleanor yang langka itu. Yang pertama saya lihat di deretan era ini adalah Chevy Impala warna kuning-biru, lalu BMW 2002, Mercedes-Benz 220S, dan Holden Special. Di sebelahnya saya lihat satu mobil lagi warna biru tua dengan strip emas di tengahnya, dengan logo kuda berlari. Yup, Ford Mustang, pikir saya. Tapi sayangnya bukan si Eleanor yang saya maksud. Ini seri Pony lansiran 1965. Huuuu…. Ya sudahlah, paling tidak saya masih bisa melihat seri lain Ford Mustang. Sebelas dua-belas sama yang itu. Foto2 deh 😀

1965 Ford Mustang Pony
Foto sama kembaran Eleanor 😀
1965 Ford Mustang Pony
1965 Ford Mustang Pony
1962 Volkswagen Karmann-Ghia
1962 Volkswagen Karmann-Ghia

 

Oh Чάά, Ford Mustang Eleanor atau yang sering juga disebut Shelby Mustang GT-500E adalah salah satu mobil yang paling diburu para penggila mobil klasik didunia. Juga salah satu seri yang paling diincar pencuri mobil. Hahaha…..

1967 Ford Mustang Eleanor
1967 Ford Mustang Eleanor
Sumber : Mbah Google

Diproduksi antara tahun 1967-1973. Seri paling diburu adalah lansiran 1967 dan 1972. Kebanyakan berwarna abu-abu dengan 2 strip warna hitam ditengahnya. Model ini pernah muncul di film Gone In 60 Seconds (2001), dibintangi Nicolas Cage. Di film Ïиï pula, nama Eleanor muncul di deretan credit title nama-nama pemerannya. Pertama dalam sejarah permobilan! 😀 Sayang nggak ada di Otoblitz kali ini 😦

Selain itu ada Ford Mustang jenis lain  sebagai penghibur

Lumayanlah buat pengganti si Eleanor
Lumayanlah buat pengganti si Eleanor

 

Di acara ini, ada 5 mobil untuk kategori  “Stars Of The Show” :

1.  Chevrolet Camaro Z 28, di-restore kilat selama 20 hari

1971 Chevrolet "Bumble-bee" Camaro
1971 Chevrolet “Bumble-bee” Camaro

2. Ford Model A Sedan lansiran 1930

1930 Ford Model A Sedan
Sumber : flickr.com

3. Mercedes-Benz 220B Cabriolet (1952)

1952 Mercedes-Benz 220B-Cabriolet
1952 Mercedes-Benz 220B-Cabriolet
Sumber : Demotix.com

4. Chevy Bel-Air Convertible (1957)

1957 Chevrolet Bel-Air Convertible
1957 Chevrolet Bel-Air Convertible
Sumber : internetautoguide.com

5. BMW ISetta (1960)

1960 BMW ISetta
1960 BMW ISetta

6. Ford Mustang Cabriolet (1965)

1965 Ford Mustang Cabriolet
1965 Ford Mustang Cabriolet

 

Mobil kepresidenan jaman Pak Karno dulu :
1. Oldsmobile 98 Luxury

1963 Oldsmobile 98 Luxury
1963 Oldsmobile 98 Luxury

2. Chrysler Imperial Crown Coupe
Saya nggak fotoin ternyataaaa 😀

Mobil Pak Karno
Mobil Pak Karno

 

Penggemar Morris dan VW Combi juga bakal senang disini.

Morris
Morris
Mini Cooper Collection
Mini Cooper Collection
Mini Cooper Collection
Mini Cooper Collection
VW Combi
VW Combi

 

Jadi, meskipun bayar HTMnya 30ribu/orang, saya mau saja, karena jarang-jarang lihat mobil kuno yang punya banyak nilai sejarah. Ya nggak?

-Everybody loves classic-

